Sunday, 22 November 2009

Dua Desa di Purworejo Terkena Longsor

www.putropurworejo.blogspot.com


 Bencana Tanah longsor menimpa dua desa di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, sedikitnya sembilan rumah roboh, dan 37 rumah lainnya rusak.


Kedua desa tersebut adalah Giyombong dan Cepedak. Keduanya masuk wilayah Kecamatan Bruno, Purworejo. Dari sembilan rumah yang roboh, delapan diantaranya di Desa Giyombong, satu di Desa Cepedak. Sedangkan dari 37 rumah rusak, 35 diantaranya terdapat di Giyombing, dua di Cepedak.

Peristiwa longsor terjadi secara terus menerus pada Jumat malam (20/11) hingga Sabtu Sore (21/11) kemarin. Mulanya, hujan deras mengguyur daerah itu hingga menggerus tanah kedua desa. Tak tahan terus diguyur air, tanah yang memang sudah tidak stabil itu pun amblas. Sembilan bangunan rumah di atasnya pun roboh.

Bencana longsor juga menyebabkan akses jalan utama kedua desa menuju pusat kota kecamatan terputus. Bahkan,,


timbunan materiil membuat Desa Giyombong terisolir. Hingga kemarin, warga setempat masih melakukan kerja bakti membersihkan bekas longsoran tanah.

Selain itu, gedung SDN 1 Giyombong juga terkena longsoran tanah. Karenanya, untuk sementara waktu, pemerintah desa setempat mengalihkan kegiatan belajar di rumah warga sekitar. Pihak desa juga masih mendata kerusakan yang ditimbulkan akibat longsor. Sementara ini tercatat, seorang warga mengalami
luka ringan.

Kepala Desa Giyombong, Yogi Santoso, menyatakan, sedikitnya terdapat 52 titik longsoran di daerah itu. Semua posisi titik longsoran hampir menutup keseluruhan badan jalan utama yang menghubungkan desa ini dengan daerah lainnya.

Kejadian ini menyebabkan, sebanyak 285 kepala keluarga (kk), dan sekitar 1.000 juta jiwa penduduk desa Giyombong terisolir. "Kondisi ini menyebabkan wilayah desa kami terisolir. Kalau mau membeli
bahan makanan ya harus jalan kaki ke ibukota kecamatan dengan memakan waktu sekitar 4 jam," ujar Yogi. (sumber;mediaindonesia)

No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar disini